Senin, 15 Mei 2017

Menanamkan Nilai Adil Gender

Materi              : Menanamkan nilai-nilai adil gender di berbagai sektor
Pemateri          : Reni Murniyati, S.Hum



Pandangan mengenai kesetaraan gender begitu kental akan gerakan feminism, bahkan istilah gender pun berasal dari para feminis, jika menurut penulis buku Cultural Studies Chris Barker beranggapan bahwa subordinasi kepada perempuan terjadi dalam semua institusi, baik sosial maupun prakter institusi, oleh karena itu pensubordinasian terhadap perempuan dianggap struktural maka di gambarkan sebagai patriarki, budaya patriarki sendiri begitu kental di Indonesia, budaya patriarki merupakan sebuah gambaran sistem dimana menempatkan laki-laki sebagai sosok otoritas utama yang sentral dalam sebuah organisasi sosial.
Perbedaan hakiki perempuan dengan laki-laki terletak pada fungsi biologis, sebagai ketetapan takdir yang tidak dapat dipertukarkan secara fungsional. Perbedaan yang dihasilkan dari konstruksi sosial dan kultural antara perempuan dan laki –laki seharusnya dapat dipertukarkan secara fleksibel. Konstruksi sosial kultural tersebut banyak diilhami oleh konstruksi biologis yang seolah given dan alamiah (Arief Budiman, 1998 : 43). Membebaskan perempuan untuk menekuni kegiatan publik tanpa bias gender, masih harus diperjuangkan karena ketidak adilan terhadap perempuan masih selalu dijumpai. Di tambah dengan keraguan untuk menjadikan perempuan sebagai mitra sejajar laki -laki. Dominasi laki- laki sebagai penentu kebijakan menjadikan setiap kebijakan yang dihasilkan cenderung bias gender dengan lebih mengedepankan kepentingan laki-laki. Wajar apabila pembagunan melahirkan produk yang banyak menyudutkan perempuan ambil saja contoh pembangunan pertanian di Jawa sejak tahun 1970 an telah menggeser tenaga kerja perempuan dari sektor pertanian (Boserup, 1984 : 6; Geertz, 1988 :11).

Beberapa penyebab ketidakadilan gender
1.      Budaya
2.      Sistem/Negara
3.      Keluarga
4.      Agama
5.      Agama
6.      Perempuan/Kesadarannya
Kesetaraan gender memiliki kaitan dengan keadilan gender. keadilan gender merupakan suatu proses dan perlakuan adil terhadap laki – laki dan perempuan. terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender ditandai dengan tidak adanya diskriminasi baik terhadap laki – laki maupun perempuan dari berbagai bidang. sehingga denga hal ini setiap orang memiliki akses, kesempatan berpartisipasi, dan control atas pembangunan serta memperoleh manfaat yang setara dan adil dari pembangunan tersebut.

Dari penjelasan di atas dapat kita tafsirkan bahwa setiap orang/masyarakt mempunyai kesempatan mendapatkan akses yang adil dan sama terhadap sumber daya tetapi tidak boleh menyimpang dari aturan yang sudah ada. Sehingga negara dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com