Senin, 15 Mei 2017

Konsep Dasar Islam


Materi              : Konsep Dasar Islam
Pemateri          : Aditya Firdaus, S.Pd

Berbicara konsep dasar islam, memiliki 3 kata yang mempunyai arti.
1.   Konsep adalah suatu rancangan yang difahami.
2.   Dasar adalah asas atau aturan
3.   Islam adalah agama yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW, berpedoman pada kitab suci al-Qur’an yang diturunkan ke dunia melalui wahyu dari Allah SWT. Islam adalah rahmat dan islam juga damai. Karena seperti yang dicontohkan oleh nabi muhammad.
Dari satu kalimat yang mempunyai tiga arti juga terbagi lagi didalam kerangka dasar menjadi 3 bagian : ontologi, estimologi dan aksiologi.
1.   Ontologi (cabang ilmu filsafat yang berhubungan dengan hakikat hidup)
Didalam ontologi bisa di ibaratkan tripod kamera. Tripod kamera adalah alat stan untuk membantu agar badan kamera bisa berdiri dengan tegak dan tegar. Begitupun hakikatnya didalam agama islam kita mempunyai 3 bagian yang ketiganya memiliki hal-hal yang perlu dimiliki oleh seorang muslim.
Kaki Pertama di ibaratkan dengan Iman, rukun iman ada 6 (Iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab allah, iman kepada rosul,iman kepada qodo dan qodar, iman kepada hari akhir). Rukun iman itu kita wajib mempercayainya.
Kaki kedua di ibaratkan dengan rukun islam, rukun islam ada 5 (Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat, Haji jika mampu). Bukan hanya hafal tentang rukun islam itu apasaja, akan tetapi diharuskan kita mengerjakannyarukun-rukun tersebut akan tetapi haji itu wajib jika mampu saja.
Kaki ketiga ihsan adalah ketika sholat kita seakan-akan melihat allah dan jikalau tidak maka seakan-akan allah melihat kita. Lebih singkatnya, jasad kontak dengan manusia hati kontak dengan allah.
Dan semisal orang awam menanyakan tentang keberadaan allah, jawab saja. Diibaratkan bertanya pada pada ikan, air ada dimana? Pasti jawabanya ada dimana-mana. Disamping kanan, samping kiri, bagian atas, bagian bawah. Pastinya ada dimana-mana.
2.   Estimologi
a.       Roh adalah suatu unsur yang ada di jasad yang diciptakan tuhan sebagai penyebab adanya hidup (kehidupan).
b.      Tufiah (Insting), adalah pola tingkah laku yang bersifat turun-temurun yang dibawa sejak lahir.
c.       Tamyiz adalah ketika seorang anak yang dapat membedakan antara yang baik dan buruk.
d.      Rosid adalah orang yg menempuh jalan yg benar; orang yg adil dan ikhlas dl tingkah laku dan perbuatan;

Belum dikatakan manusia, ketika dia masih didalam kandungan. Manusia diciptakan asal mulanya dari tanah. Lihat cerita asal mula manusia diciptakan (http://kisahasalusul.blogspot.com/2014/07/asal-usul-manusia-menurut-agama-islam.html.)
Penjelasan dari tabel diatas :

Sebelumnya kita belum ada, kemudian allah menciptakan kita. Kemudian ketika kita lahir jadilah seorang anak kemudian akan menjadi tumbuh dewasa dan menjadi manusia. Bisa dikatakan manusia ketika seseorang itu berakal dan berbudi sesuai dengan KBBI.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com